Rapat Konsolidasi Pertama Pengurus Baru


Warta Kalbarmai (Depok). Seolah tak mau menunggu hal-hal seremonial dan formalitas, jajaran pengurus RW.07 periode 2010-2013 langsung mengambil langkah cepat dengan menggelar rapat konsolidasi pertama di kediaman ketua RW terpilih (B2/16) pada Sabtu, 20 Februari 2010. Acara yang dihadiri hampir semua pengurus baru itu berlangsung sekitar dua jam lebih, dimulai pukul 20.30 dan berakhir pukul 23.00 WIB.

Dalam rapat yang selain bertujuan untuk menyatukan visi, komitmen dan tekad pengurus baru itu juga sekaligus digunakan untuk membahas job description (lingkup tugas) dan beberapa program kerja dari masing-masing seksi. Meski masih bersifat brainstorming namun ada beberapa seksi yang telah memaparkan beberapa program kerja atau rencana strategis (renstra) yang akan dilakukan dalam waktu dekat.

Seperti seksi Ekonomi dan Kesejahteraan (Eksen) yang akan segera merealisasikan unit usaha katering dan laundry. “Dalam waktu dekat kami akan bikin proposal dan memaparkan dalam rapat yang akan datang,” kata Pak Anton, komandan seksi Eksen. Tidak hanya itu, seksi Eksen juga akan mendirikan koperasi dan beberapa unit usaha produktif lainnya.

Dalam mengembangkan sayap bisnisnya tersebut, seksi Eksen mengharapkan dukungan dan bantuan dari seksi-seksi lain, terutama seksi Infokom, dengan minta dibuatkan blog khusus yang berfungsi sebagai toko online. “Iya, insya Allah pak akan kami buatkan dalam waktu dekat,” jawab Pak Jarfin menyanggupi permintaan seksi Eksen tersebut.

Seksi Infokom sendiri termasuk yang pertama merealisasikan program kerjanya, dengan membuatkan blog khusus bagi pengurus RW.07 dengan nama domain https://kalibarupermai.wordpress.com. Selain itu seksi Infokom juga berencana membuat bulletin Warta Kalbarmai dan menggelar pelatihan citizen journalism.

Tak mau ketinggalan, seksi Pembinaan Keluarga (PKK) yang notabene sebagai wadah kiprah dan aktualisasi diri kaum ibu-ibu juga turut merepresentasikan program-program kerjanya. “Kami harap kegiatan Posyandu dan RW Siaga diberikan perhatian khusus, karena kedua kegiatan tersebut sangat penting,” ujar Ibu Yoshi Y. Nugraha, mewakili seksi PKK.

Seksi Kebersihan dan Pertamanan (Siman) juga bertekad ingin menciptakan lingkungan perumahan Kalibaru Permai lebih bersih dan asri. “Kami ingin petugas kebersihan ditambah dan taman-taman ditata lebih cantik lagi,” tandas Pak Dadang Kusumawardana, sang jenderal Siman.

Sedangkan seksi Olahraga, Kesehatan dan Kesenian (Orkes) berkomitmen menumbuhkan etos olahraga dan hidup sehat di kalangan warga Kalbarmai. “Tanpa disuruh mereka tergerak sendiri untuk berolahraga dan hidup sehat, karena warga melakukannya atas dasar kebutuhan dan rasa senang. Itu yang akan kami dorong terus,” jelas Pak Isayias, personil  seksi Orkes.

Sementara Seksi Kerohanian dan Kerukunan (Rokun) bertekad untuk terus mempertahankan suasana agamis dan religius yang sudah tercipta selama ini, serta berusaha menjaga suasana kerukunan antar umat beragama yang ada. “Kalau bisa kami ingin meningkatkan aktivitas keagamaan di perumahan lebih semarak lagi,” kata Pak Yudi Nugraha dari seksi Rokun.

Lain lagi dengan seksi Pembangunan dan Pemeliharaan (Banghara). Seksi yang memiliki seabrek program ini, di antaranya membangun gapura dan balai RW serta memperbaiki jalan dan pagar perumahan ini, meminta masukan untuk teknis penggantian lampu PJU (penerangan jalan umum) yang rusak. “Kami ndak tahu mekanismenya, apakah lampu-lampu PJU yang rusak itu menjadi tanggungjawab kami? Sebab umumnya lampu PJU  menjadi tanggungjawab pemda/PLN,” ujar Pak Dwi Martanto mewakili Banghara.

Hanya seksi Keamanan dan Ketertiban (Kamtib) yang berhalangan hadir, karena Pak Ari Setiawan sedang tugas kantor hingga larut malam, sedangkan Pak Agus Priyanto pamit mengantar istri ke rumah sakit karena akan melahirkan. “Iya mas, kami doakan semoga lancar, selamat dan sehat,” ucap Pak DZ ketika dipamiti.

Pada rapat konsolidasi perdana itu, ketua RW terpilih dalam sambutannya menyatakan bahwa para pengurus RW terpilih tersebut insya Allah adalah pribadi yang pas dan tepat sesuai kebutuhan. Karena pemilihan pengurus RW tidak dilakukan sembarangan melainkan mempertimbangkan beberapa unsur dan kriteria, antara lain kredibilitas (dapat dipercaya), akseptabilitas (dapat diterima) dan kapabilitas (mampu/kompeten), juga mempertimbangkan representasi RT, golongan, asal daerah maupun agama.

“Kami tandaskan bahwa semua pengurus terpilih ini adalah pribadi yang the right man in the right place, sesuai dengan kompetensi dan talenta masing-masing,” kata Pak DZ, ketua RW terpilih.

Karena itu, agar kepengurusan yang baru ini mampu membawa angin segar dan perubahan ke arah yang lebih baik, maka semua personil pengurus diminta untuk bekerjasama dengan baik, saling melengkapi dan berbagi peran untuk kemaslahatan warga Kalibaru Permai. Dengan kata lain diminta untuk kerja keras, kerja cerdas dan kerja ikhlas tanpa pamrih.

Adapun target yang ingin dicapai oleh pengurus RW baru ini untuk tiga tahun ke depan adalah terciptanya kondisi dan suasana lingkungan perumahan Kalibaru Permai yang Aman, Guyub, Aspiratif, Maju, Indah, dan Sejahtera (AGAMIS). Agar mudah diingat dan mampu dicapai maka target AGAMIS tadi dijadikan motto bagi perumahan Kalibaru Permai.

Dalam kesempatan itu Pak DZ juga memberikan penjelasan tentang proses atau kronologis pemilihan ketua RW.07 untuk periode kedua (2010-2013). Bahwa pemilihan ketua RW kali ini dilakukan dengan mekanisme musyawarah-mufakat melalui Tim Formatur yang terdiri dari pengurus RW lama dan ketua-ketua RT lama, dan bukannya pemilihan langsung seluruh warga (voting/pilkawe).

Dalam melakukan tugasnya tersebut Tim Formatur telah melakukan pendekatan atau lobi-lobi ke beberapa figur. Terdapat sekitar lima figur yang telah dilobi, tapi mayoritas mereka menyatakan ketidaksediaannya untuk dipilih dengan berbagai alasan. Hingga akhirnya Tim Formatur meminta Pak DZ untuk bersedia dijadikan sebagai ketua RW.07 terbaru.

Pada awalnya Pak DZ pun tidak langsung mengiyakan permintaan Tim Formatur. Namun setelah kesekian kali dilobi lagi akhirnya Pak DZ luluh juga. Pertimbangan Pak DZ menerima permintaan itu semata teringat prinsip kepemimpinan dalam Islam, bahwa “kita tidak boleh menampakkan ambisi apalagi menyodorkan diri. Tapi kalau diminta masyarakat untuk memimpin maka pantang menolak karena itu adalah amanah. Ini sama dengan sikap yang pernah ditunjukkan oleh sahabat Abu Bakar dan Umar bin Khattab sebelum diangkat sebagai khalifah pengganti Rasulullah.”

“Jadi saya ini sebenarnya bukanlah figur yang terbaik. Kebetulan saja beliau-beliau itu tidak mau sehingga saya akhirnya yang jadi. Jadi saya ini istilah orang Jawa koret-koretan [sisa yang ada],” kata Pak DZ berterus terang.

Namun pernyataan Pak DZ itu langsung dianulir oleh Pak Bony Mansoer yang kebetulan berada di sampingnya, dengan menyatakan bahwa pada dasarnya bukan tidak ada figur yang mau dijadikan sebagai ketua RW. “Sebenarnya banyak yang mau. Saya sendiri juga mau. Hanya saja untuk saat ini Pak DZ lah figur yang paling layak untuk jadi ketua RW.07,” ucap Pak Bony mencoba menetralisir.

Ah, ayak-ayak wae pak..……!!!

8 Balasan ke Rapat Konsolidasi Pertama Pengurus Baru

  1. Dadang mengatakan:

    Boleh comment disini ya..? hebat nih eksen nya cepat.. langsung punya blog..

  2. yunindra mengatakan:

    Mohon dibantu doa dan dukungan dari seluruh warga ya…
    BTW itu rapat ada snack dan cemilan… tp kurang nasi tumpengnya (nasi kuning)pak…🙂

  3. Dhorifi Zumar mengatakan:

    Iya, insya Allah tumpengnya ntar pada rapat yang ketiga di rumahnya pak Yunindra, he..he..

  4. Tanta mengatakan:

    wow..keren,

    blog yang informatif
    rw baru yang komunikatif
    pengurus baru yang aktif
    warga pasti berpikir positif

    Pak Yunindra kok fotonya ganteng banget….dandan dulu ya…

  5. Tondi Nababan mengatakan:

    Keren….tapi main bolanya dah pada jago belum…kl udah sms saya aja ya….wkwkwkwkw

  6. Jarfin mengatakan:

    pak Tanta, semoga semua warga selalu berpikir positif seperti bapak, pasti kalibarupermai bisa maju.. bravo.!

  7. Dhorifi Zumar mengatakan:

    Dengan doa-restu dan dukungan smua warga, pengurus baru bertekad memberikan sesuatu terbaik buat warga Kalbarmai. Mari kita ciptakan lingkungan AGAMIS (Aman, Guyub, Aspiratif, Maju, Indah, Sejahtera) di Kalibaru Permai!!! Nuhun…..

  8. tanta mengatakan:

    Pak Jarfin, kalau diliat dari niat dan itikad baik jajaran pengurus, sepertinya tidak ada alasan bagi warga untuk berpikir negatif.
    Pastinya warga akan selalu mendukung seluruh program yang akan dijalankan.
    Dan kalau blog ini dibuat dan dipergunakan sebagai sarana komunikasi antara warga dan pengurus tentunya hubungan akan lebih “mesra” dan harmonis. Apalagi kalau ada kolom saran dan kritik akan lebih aduhai…..tapi boleh gak ya…hehehe

    salam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: